• Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 6 No 3 (2022)

    Pada penerbitan kali ini redaksi memberlakukan pengetatan kualifikasi naskah dengan cara melakukan dua kali uji similaritas. Uji pertama dilakukan terhadap naskah yang diterima, dimana untuk bisa berlanjut ke proses review, harus memenuhi standar similaritas < 20%. Uji kedua dilakukan terhadap naskah-naskah yang melalui proses revisi, dengan standar tetap < 20%. Uji similaritas ganda ini dilakukan untuk mencegah terjadinya plagiasi akibat permintaan revisi, dimana revisi tidak mengindahkan aspek orisinalitas karena dianggap sudah lulus uji similaritas. Redaksi juga akan mulai membuat form review yang lebih obyektif sehingga transparansi penilaian lebih bisa diandalkan. Sistem review masih menganut one-blinded, dimana nama reviewer tidak diketahui penulis, sebaliknya nama penulis diketahui reviewer. Sistem review tetap menggunakan dua reviewer, dimana salah satunya adalah review editorial. Dalam hal ini juga akan dibuatkan format penilaian standar. Dengan perbaikan-perbaikan ini diharapkan re-akreditasi di tahun 2023 bisa mendapatkan peningkatan status yang lebih baik. Mohon dukungan dan kerjasama seluruh penulis. 

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 6 No 2 (2022)

    Dengan adanya kebijakan penerbitan real time system, dimana setiap manuskrip yang telah memenuhi persyaratan untuk diterbitkan, akan diterbitkan pada saat itu juga, sebagai bentuk upaya mempercepat suatu artikel untuk bisa dibaca kalayak, perlu adanya kecepatan respon dari penulis terhadap setiap koreksi pada manuskrip tersebut. Redaksi telah mulai menetapkan bahwa batas maksimum respon dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan adalah satu bulan. Artinya, redaksi akan memproses setiap tahapan komunikasi penerbitan maksimum sebulan dari tanggal tahapan terakhir. Hal yang sama diharapkan juga dari pihak reviewer dan penulis. Dengan demikian diharapkan bahwa komunitas penulis yang terkait dengan Jurnal Jati Emas makin memahami pentingnya untuk segera mempublikasikan setiap naskah yang layak, dan upaya-upaya yang diperlukan untuk itu. Tidak ada satu naskah bermutu tinggi yang terpublikasi dengan cara-cara yang instan atau sambil lalu. Hal ini diharapkan dapat ikut membangun praktek baik pewujudan atmosfir akademik yang ideal. 

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 6 No 1 (2022)

    Sejak penerbitan volume 6 tahun 2022, redaksi menetapkan kebijakan baru. Kebijakan ini ditujukan untuk memberikan kecepatan penerbitan, mempercepat akses terhadap naskah terpublikasi, dan pada akhirnya, diharapkan meningkatkan sitasi per naskah. Setiap naskah yang sudah layak terbit akan diunggah ke laman web jurnal secepatnya. Penerbitan untuk nomer ke-n akan mulai diunggah sejak hari pertama setelah bulan penerbitan nomer (n-1). Maka penerbitan untuk volume 6 no 1 ini mulai bisa diunggah sejak tanggal 1 Desember 2021 dan ditutup pada tanggal 31 Maret 2022. Tanggal 1 April 2022 sudah mulai penerbitan untuk volume 6 nomer 2 Juli 2022. Demikian seterusnya. Kebijakan ini sekaligus untuk menstabilkan alur kerja redaksi sehingga tidak menumpuk di bulan penerbitan untuk copyediting dan production-nya. Semoga dengan pengaturan ini, Jati Emas makin terdepan dalam memberikan kenyamanan bagi para penulisnya, dengan peningkatan kualitas terbitan yang terjaga hingga bisa mencapai akreditasi nasional tertinggi. 

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 5 No 3 (2021)

    Pada penerbitan ini terdapat beberapa artikel yang merupakan hasil kerjasama antara Jati Emas dengan penyelenggara seminar nasional, khususnya di bidang pengabdian masyarakat. Proses review sudah dilakukan oleh pihak penyelenggara seminar, tetapi masih dilakukan pemeriksaan ulang oleh redaksi. Naskah-naskah hasil kerjasama tersebut ternyata tidak semuanya bisa diterbitkan, karena penulis tidak mengembalikan hasil revisi hingga tenggat waktu. Hal ini telah menjadi komitmen redaksi untuk tidak memaksakan menerbitkan naskah-naskah yang belum memenuhi kriteria kelayakan yang telah ditetapkan, meskipun bersikap revisi minor. Yang membanggakan juga adalah adanya naskah-naskah karya mahasiswa KKN dan PKM, yang ternyata berkualifikasi baik, untuk aspek substansi maupun tata penulisan. Dengan adanya naskah-naskah tersebut, redaksi berharap proses reakreditasi akan menjadi lebih baik.

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 5 No 2 (2021)

    Terbitan kali ini adalah terbitan pertama yang dipublikasikan di tengah tahun. Hal ini untuk memenuhi permintaan para penulis yang merasakan kurangnya jurnal yang terbit di seputaran tengah tahun. Jati Emas merespon dengan membuka satu nomer lagi, sehingga dalam satu tahun diputuskan terbit 3 kali, yaitu Maret, Juli dan Nopember. Kualitas terbitan tetap dipertahankan, dan mulai ditingkatkan prosesnya, sambil menunggu perubahan administrasi pengurus, mengikuti perubahan nama lembaga penaung. Puji syukur bahwa terbitan kali ini pun terpenuhi kuota minimal yaitu 5 naskah dalam satu nomer. Terima kasih kepada semua penulis yang mempercayakan karyanya pada Jurnal Jati Emas.

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 5 No 1 (2021)

    Pada terbitan awal tahun 2021 ini, Jurnal Jati Emas diasuh oleh Perkumpulan Dosen Indonesia Semesta (DIS), yang merupakan transformasi dari Forum Dosen Indonesia. Hal tersebut dikarenakan badan hukum organisasi mendapatkan legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM. Sebelumnya, FDI hanya diakui oleh SK Kementerian Dalam Negeri. Dengan adanya SK Kemenkumham, Jurnal Jati Emas dinaungi organisasi yang berkekuatan hukum lengkap. Ini memberikan ruang lebih untuk meningkatkan profesionalisme. Dengan perubahan itu, Jurnal Jati Emas berbenah banyak hal. Beberapa telah selesai, lainnya sedang dalam perbaikan. Tetapi, keseluruhan manajemen berjalan terus.

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 4 No 2 (2020)

    Jati Emas volume 4 nomer 2 adalah edisi perdana yang diterbitkan setelah terakreditasi dengan hasil Sinta 5. Hasil ini jauh dari target yang diperkirakan bisa jatuh pada Sinta 3. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam manajemen jurnal yang tertengarai sebagai kurangnya spesifisitas tema jurnal. Tampaknya tema pengabdian masyarakat dan/atau aplikasi teknologi dirasa masih terlalu luas. Sedang dipikirkan penggolongan tema pengabdian masyarakat yang lebih sesuai dengan bidang ilmu dan dituliskan secara spesifik sebagai seksi-seksi tersendiri pada layout penerbitan. Ini dicoba dilakukan pada edisi ini. Hal lain yang perlu dipikirkan adalah template dasar manuskrip dan naskah yang tampaknya belum terjelaskan dan dipahami dengan baik oleh penulis. Masalah ini akan lebih dipikirkan dan diupayakan terealisasi pada edisi penerbitan berikutnya.

  • Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 4 No 1 (2020)

    Jati Emas volume 4 nomer 1 adalah edisi perdana yang diterbitkan di tengah masa penilaian akreditasi. Perbaikan semua standar OJS dan persyaratan akreditasi jurnal nasional sedang dicobakan untuk dijalankan secara maksimal. Semua manuskrip pada penerbitan kali ini telah diuji derajat similaritasnya secara online dengan batas maksimum 20%. Batas ini tampaknya masih tinggi, tetapi itu  dilakukan terhadap manuskrip yang diuji utuh dari judul hingga daftar pustaka. Meski demikian, beberapa manuskrip terpaksa ditangguhkan pemrosesannya terkait revisi uji similaritas yang tidak tertanggapi. Pemrosesan manuskrip juga telah melibatkan proof reading untuk ketatabahasaan Indonesia yang baik dan benar. Untuk penerbitan yang akan datang akan ditinjau lagi apakah perlu hanya menguji batang tubuh manuskrip tanpa adanya daftar pustaka. Yang juga mulai dilakukan adalah review mitra bestari berbasis OJS, dan penerapan akun login editor sesuai penugasan. Hal ini dilakukan untuk mulai mengkondisikan manajerial yang terstruktur, efektif dan efisien. Meskipun semua proses perbaikan tersebut mengakibatkan berkurangnya naskah yang terpublikasi, dan kelambatan proses unggah online, tapi persyaratan minimum tetap terpenuhi.

  • JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 3 No 2 (2019)

    Dalam penerbitan kali ini telah dilakukan uji similaritas untuk setiap naskah yang diterima. Derajat similaritas maksimum ditetapkan 20%. Review dengan menggunakan mitra bestari juga sebagian telah dilakukan, sementara sebagian yang lain masih menggunakan review editorial, khususnya untuk naskah-naskah yang umumnya telah berformat camera ready Jati Emas. Ini menunjukkan bahwa penulis-penulis yang mengirimkan manuskrip ke Jati Emas telah memahami prosedur standar pengiriman naskah ke suatu jurnal ilmiah. Tahap akhir pembenahan manajemen penerbitan yang sedang diupayakan adalah pemberian DOI untuk setiap naskah. Semoga target ini bisa sesegera mungkin terlaksana.

  • Vol 3 No 1 (2019): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 3 No 1 (2019)

    Dalam penerbitan kali ini telah dilakukan beberapa perbaikan mendasar dalam manajemen penerbitan. Salah satu contohnya adalah tersedianya daftar pustaka setiap artikel dalam tampilan online. Hal ini dimaksudkan untuk menambah potensi sitasi para penulis, dan langkah awal untuk meningkatkan kualitas acuan. Lebih jauhnya, semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa juga dilakukan proses penyaringan naskah melalui pemeriksaan tingkat similaritas naskah (plagiarism checking)

1 - 14 of 14 items