Analisis Sikap Jujur Mahasiswa Dalam Menjalani Perkuliahan Di Kampus dan Di Luar Kampus

  • Sudarto Sudarto Universitas Negeri Makassar

Abstract

The purpose of this research is analyzing the honest attitude of the students in and out of the campus. This study uses a survey method with a quantitative approach. A sample of 16 students. Data analysis technique using percentage descriptive analysis. The results and conclusions of this research study were: (1) in living life on the campus, students were generally honest in terms of taking exams in the sense of not cheating and in completing assignments related to accessing data as they were, (2) in the behavior of returning the found items to campus, students are generally not honest, (3) in terms of plagiarism, students were generally honest, and (4) in everyday life students were generally honest in terms of admitting mistakes and expressing their feelings.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin, I. A., Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Talenta Mahasiswa, 1(4).
Angelia, I. (2019). Menyontek sebagai bagian dari dekadensi moral bangsa. Journal of Civic Education, 1(1), 120-125.
Ansori, Y. Z. (2022). Strategi Pendidik dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Obsesi, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1 208 Ardila, R. M., Nurhasanah, N
Badiaturrochmah, D., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2021). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil Plagiasi Karya Tulis Mahasiswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 13-22.
Bettawinda, D., & Nurmina, N. (2019). Hubungan integritas moral dengan perilaku plagiat mahasiswa kampus v universitas negeri padang. Jurnal Riset Psikologi, 2019(4).
Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 5(1), 8-14.
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8-15.
Dimyati, D. (2016). Keteladanan dosen dan integrasi nilai-nilai moral dalam pembelajaran psikologi olahraga untuk membentuk karakter kepatuhan dan kejujuran mahasiswa. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 4(1), 15-23.
Halimah, L., Fajar, A., & Hidayah, Y. (2021). Pendidikan anti korupsi melalui mata kuliah Pancasila: tingkatan dalam memahami kejujuran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1-14.
Hariandi, A., Puspita, V., Apriliani, A., Ernawati, P., & Nurhasanah, S. (2020). Implementasi nilai kejujuran akademik peserta didik di lingkungan sekolah dasar. NUR EL-ISLAM: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 7(1), 52-66.
Hotimah, H. (2017). Strategi pendidikan profesi guru (PPG) unesa dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta PPG pasca SM-3T. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(01).
Hutasuhut, D. H., Fadlan, M. N., & Yarshal, D. (2023). Mengurangi Penyebab Plagiat pada Tugas Akhir Semester Melalui Bimbingan Kelompok Mahasiswa BK Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah. Journal on Education, 5(2), 3023-3027.
Indramawan, A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Keluarga Bagi Perkembangan Kepribadian Anak. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Ito, A. I. (2016). Efek Membangun Pendidikan Karakter di Lingkungan Perguruan Tinggi: Strategi, Budaya, dan Kinerja. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1).
Jatirahayu, W. (2013). Guru berkualitas kunci mutu pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.
Lase, F., Nirwana, H., Neviyarni, N. (2018). A Model of Learning of Intelligent Characters In Higher Education. Proceedings of the International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE), 21(1), 72–77.
M. Christopher, A. M. L. S. (2016). Theory of mind training causes honest young children to lie.
Physiology & Behavior, 176(1), 100-106. https://doi.org/10.1177/0956797615604628.Theory.
Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2), 293-303.
Margahana, H. (2020). Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 176-183.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Siswa Berdasarkan Kemdikbud.
Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v
3i2.142
Mulyadi, D., Sapriya, S., & Rahmat, R. (2019). Kajian tentang Penumbuhan Karakter
Jujur Peserta Didik sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di SMA Alfa Centauri Bandung. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 220–232. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i 2.471 Mustikaningrum, G. & Raharjo, T. J.
Mukmin, T., & Fitriyani. (2020). Kejujuran Sebagai Dasar Kesuksesan Diplomasi Rasulullah. Jurnal Seminar Internasional, 1(1), 242–256.
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Jujur. Nusamedia.
Musfah, J. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengurai Krisis Karakter Bangsa. Prenada Media.
Noor, M. (2020). Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin.
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1-12.
Rohani, R., Elfayetti, E., Pinem, M., & Sitompul, M. (2013). Interaksi Edukatif Dosen dengan Mahasiswa dalam Pembangunan Karakter di Fakultas Ilmu Sosial–UNIMED. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(1).
Rokhim, D. A., dkk. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik Dan Guru Pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, Dan Survey Lingkungan Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 61-71.
Rumapea, M. E. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 49-59.
Sarah, S., Prasetyo, Z. K., & Wilujeng, I. (2019). Development of living values (honesty) assessment instrument in learning process. International Journal of Instruction, 12(4), 443-458. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12429a.
Suryana, S. (2018). Peran perguruan tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(2).
Published
2023-07-31
How to Cite
SUDARTO, Sudarto. Analisis Sikap Jujur Mahasiswa Dalam Menjalani Perkuliahan Di Kampus dan Di Luar Kampus. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 25 - 34, july 2023. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/772>. Date accessed: 21 sep. 2023. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v7i1.772.