Perkembangan Mutu Dan Benchmarking Internal Perguruan Tinggi di Kota Bogor
Studi Kasus Pada IBI Kesatuan Bogor
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pentingnya mutu atau kualitas perguruan tinggi dalam proses pelaksanaan pendidikan tinggi sebagai upaya untuk membawa perbaikan di pendidikan tinggi sistem pendidikan. Untuk mengungkapkan bahwa setiap program yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi sesuai dengan standar kualitas dan keunggulan, istilah tersebut dikenal dengan akreditasi. Selain itu, perlu melakukan benchmarking agar tercapai peningkatan kualitas berkelanjutan yang diadopsi organisasi untuk menilai kekuatan dan kelemahan internal mereka. Salah satu yang dapat diterapkan ialah benchmarking internal karena peningkatan tampak lebih realistis ketika tujuan tersebut telah dicapai di tempat lain dalam organisasi.
Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari berbagai sumber seperti: internet, Kemdikbud, peraturan dan perundangan yang relevan, dipadukan dengan penelitian kualitatif pada studi kasus Perguruan Tinggi “Institut Bisnis dan Informatika”. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis dokumen.
Dalam hal menjaga dan mengembangkan mutu, IBI Kesatuan terus berupaya meningkatkan kinerjanya. IBI Kesatuan berupaya membangun keunggulan dengan meningkatkan berbagai aspek, beberapa hal yang dilakukan guna mencapai nilai akreditasi secara maksimal: Seminar pendidikan Internasional, beberapa mahasiswa dinyatakan lulus sidang skripsi dengan penguji internasional, kerjasama internasional dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyakarat, KKN internasional di Thailand, pagelaran produk UMKM Batik di thailand.
Downloads
References
Baitanayeva, B., Aubakirova, Z., Aitbembetova, A., & Sansyzbayeva, A. (2020). Problems of improving the quality of education. E3S Web of Conferences, 159, 1–11. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202015909002
BPS. (2023). Jumlah Perguruan Tinggi1, Dosen, dan Mahasiswa2 (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2022. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/cmdTdG5vU0IwKzBFR20rQnpuZEYzdz09/da_04/1
Elmuti, D., & Kathawala, Y. (1997). An overview of benchmarking process: a tool for continuous improvement and competitive advantage. Benchmarking for Quality Management & Technology, 4(4), 229–243. https://doi.org/10.1108/14635779710195087
Erdil, A., & Erbiyik, H. (2019). The Importance of Benchmarking for the Management of the Firm: Evaluating the Relation between Total Quality Management and Benchmarking. Procedia Computer Science, 158, 705–714. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.09.106
Henderson-Smart, C., Winning, T., Gerzina, T., King, S., & Hyde, S. (2006). Benchmarking learning and teaching: Developing a method. Quality Assurance in Education, 14(2), 143–155. https://doi.org/10.1108/09684880610662024
Ioan Achim, M., Lucia, C., & Maria, P. (2009). "On The Role Of Benchmarking In The Higher Education Quality Assessment ". Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 2(11), 850–857. https://doi.org/10.29302/oeconomica.2009.11.2.27
Lazić, Z., Ðorđević, A., & Gazizulina, A. (2021). Improvement of quality of higher education institutions as a basis for improvement of quality of life. Sustainability (Switzerland), 13(8). https://doi.org/10.3390/su13084149
Maisah, M., Fauzi, H., & Aprianto, I. (2020). STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU PERGURUAN TINGGI. 1(5), 416–424. https://doi.org/10.31933/JIMT
Moriarty, J. P. (2011). A theory of benchmarking. Benchmarking, 18(4), 588–612. https://doi.org/10.1108/14635771111147650
Munir Kayani, M., Akbar, R. A., Faisal, S., Kayani, A., & Amin Ghuman, M. (2017). Analysis of Socio-Economic Benefits of Education in Developing Countries: A Example of Pakistan. Bulletin of Education and Research, 39(3), 75–92.
Nugroho, B. H., & Jaqin, C. (2021). Implementation of Benchmarking Method for Higher Education Institution: A Literature Review. IJIEM - Indonesian Journal of Industrial Engineering and Management, 2(2), 81. https://doi.org/10.22441/ijiem.v2i2.10797
Ronco, S. L. (2012). Internal Benchmarking for Institutional Effectiveness. New Directions for Institutional Research, 2012(156), 15–23. https://doi.org/10.1002/ir.20027
Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan (Cet.16). IRCiSoD.
Sam, V. (2018). Overeducation among graduates in developing countries: What impact on economic growth? IDEAS Working Paper Series from RePEc, 87674.
Sari, A., Firat, A., & Karaduman, A. (2016). Quality Assurance Issues in Higher Education Sectors of Developing Countries; Case of Northern Cyprus. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 229, 326–334. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.143
Soni, G., & Kodali, R. (2010). Internal benchmarking for assessment of supply chain performance. In Benchmarking (Vol. 17, Issue 1). https://doi.org/10.1108/14635771011022316
Southard, P. B., & Parente, D. H. (2007). A model for internal benchmarking: When and how? Benchmarking: An International Journal, 14(2), 161–171. https://doi.org/10.1108/14635770710740369
Thoyib, M. (2011). INTERNASIONALISASI PENDIDIKAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN ‘MODERNISASI’ PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Akademika : Jurnal Pemikiran Islam, 16(1). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/165
Top Universities. (2023). QS Asia University Rankings 2022. Topuniversities.Com. https://www.topuniversities.com/university-rankings/asian-university-rankings/2022
Warits, Abd, Naqib, M., Razak, A. Z. A., & Al-Khasyi, M. A. Q. (2022). Implementasi Total Quality Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi berbasis Pesantren. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 5(2). https://jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/364
Warits, Abdul. (2017). Pengembangan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Pesantren Melalui Pendekatan Total Quality Manajemen. Prosiding Seminar Nasional &Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 66(1), 184–201. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/148/142