Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Dan Prestasi Belajar Mahasiswa

  • Ayu Putri Julia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Hayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

The students' own encouragement or willingness to attend lectures in accordance with their own wishes, as well as the capacity to identify interests, skills, and restore their lives in the future, are all factors in the motivation of students to attend lectures.The level of humanity at which students accept, reject, and evaluate the knowledge they acquire through the teaching and learning process is called learning achievement.This study aims to determine how motivation influences student performance and learning outcomes.Researchers employ literature reviews from a variety of journals as their method.The study's findings regarding the impact of motivation on student achievement and learning outcomes are accurate.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang) . Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya (JMBS), 23-30.

Andayani, T. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 45-54.

Gani, M. A. (2018). Pengaruh Disiplin Diri dan Motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiwa Akademi Maritim Cirebon. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 82-93.

Jumarniati, A. A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap hasil Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education, 41-47.

Matapere, N. M. (2020). Pengaruh Hasil belajar Pengantar Akuntansi terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 257-270.

Matsani, R. (2021). Peran kemandirian Belajar dalam Memediasi Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan EkonomiUndiksha , 9-21.

Pratiwi. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan kecerdasan Spiritual pada Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Widya Akuntansi dan Keuangan, 1-14.

Rahman, M. P. (2019). pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 375-387.

Safitri, Y. (2019). Pengaruh Motivasi dan Dukungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia. Journal of Healthcare Technologi and Medicine, 154-161.

Sari, K. (2018). Korelasi Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan terhadap Perencanaan Karier. Jurnal Fokus Konseling, 136-142.

Sari, K. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. Ecogen: Jurusan Pendidikan Ekonomi, 176-183.

Supriyanto, R. &. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim dalam Implementasi Manajemen Mutu terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen (JDMP), 1-9.

Suryani, S. B. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan , 275-283.

Weny Listya Jayanti, E. N. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Jurnal Al-Ta'dib, 36-51.

Wulandari, W. A. (2020). Analisis Motivasi, Budaya Organisasi dan Kinerja. Jurnal Manajemen, 127-136.
Published
2022-12-30
How to Cite
JULIA, Ayu Putri; HAYATI, Fitri. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Dan Prestasi Belajar Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 117 - 124, dec. 2022. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/720>. Date accessed: 01 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.720.