Realita Kepuasan Pelanggan Perpustakaan di Perguruan Tinggi

  • Mohamad Muspawi Universitas Jambi
  • Marisa Haryati Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna melihat pengaruh kinerja pustakawan terhadap kepuasan pelanggan di Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan angkatan tahun 2017-2018 dengan jumlah 100 orang. Di penelitian ini digunakan non probability sampling sebagai metode pengambilan sampel. Peneliti menggunakan sampel jenuh dalam metode pengambilan sampel non probabilitas ini. Seluruh populasi digunakan jadi sampel dalam metode sampling jenuh. Analisis deskriptif dipakai untuk melakukan analisa data dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 21.0. Hasil temuan mengungkapkan bahwa: Kepuasan pelanggan perpustakaan FKIP Universitas Jambi mendapat pengaruh oleh kinerja pustakawan sebesar 0,534 atau 53,4 persen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M.M., & Parvez, N. (2019). Impact of service quality, trust and customer satisfaction and customer loyal. ABAC Journal, 29(1), 24-38.
Bafadal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Daryono. (2010). Kompetensi Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Kepustakawan dan Masyarakat Membaca, 26(2).
Fitzsimmons, James A. (2014). Service management: operations, strategy, information technology / James. New York : McGraw Hill. Pp. 144-145.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Hasana, M.N., & Irhandayaningsikh, A. (2019). Dampak jabatan fungsional terhadap pustakawan di Perpustakaan Universitas Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(1), 201-210.
Hendy, I. (2004). Kepuasan Pelayanan Jasa. Jakarta: Erlangga.
Khusen Z. dan Nursia. (2018). Dampak produktivitas staf dan kemampuan perpustakaanterhadap kepuasan mahasiswa di perpustakaan Universitas Hairun Ternate. Jurnal Manajemen Sinergi, 5(2), 1-14.
Luthfiyah, F. (2015). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. Jurnal el-Idare, 1 (2).
Masruri, A. (2004). Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Pada Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi , 1(2).
Muspawi, Mohamad & Piana, Engla Okta. (2018). Manajemen Perpustakaan Sekolah Untuk Sumber Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. Vol.18 No. 2 Tahun 2018. h. 302-316.
Nafia, I., & Husna, J. (2015). Analisis kenaikan jabatan fungsional pustakawan di UPT Perpustakaan Daerah Provinsi Jambi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(3).
Nafida, N. (2015). Dampak kerja pustakawan terhadap pengguna di perpustakaan Universitas Indonesia. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 585-595.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Prasetyo, D. E., & Ismiyati, I. (2021). Pengaruh Pelayanan, Fasilitas Perpustakaan dan Kinerja Pustakawan Terhadap Kepuasan Pengguna pada Perpustakaan Pusat Negeri Semarang. Business and Accounting Education Journal, 2(3), 338-346.
Rahayu, D.N., Taufik, M., & Irvanto, J. (2020). Dampak fasilitas perpustakaan dan layanan perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung di Perpustakaan Umum Lumajang. Jurnal Organisasi dan Manajemen Bisnis, 2(3), 160-165.
Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur kepuasan pemustaka. Yogyakarta: Ilmu Graha.
Samsudin, S, (2005). Management Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.
Samosir, ZZ (2005). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa terhadap pemanfaatan perpustakaan USU. Perpustakaan: Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi, 1(1).
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Siswadi, F. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 18(1), 42-53.
Sugiyono. (2018). Statistik nonparametrik untuk penelitian. Bandung: Alfabet.
Sutarno. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto.
Suwarno. (2018). Perpustakaan dan buku. Yogyakarta: Media Ar-Ruzz.
Tri, A. N. (2014). Pengaruh sikap perpustakaan terhadap minat pengunjung pemustaka di kantor perpustakaan dan arsip. Undergraduate thesis. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/20387/
Ulia, I. (2012). Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wibowo. (2016). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wirawan, A., & Risfandi. (2018). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kinerja pustakawan dan kualitas informasi terhadap kepuasan mahaiswa dalam menggunakan perpustakaan Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business, 2(1), 20-28.
Zeithaml, Valarie, and Berry, Leonard. (2009). Services Marketing. New York : McGraw Hill.
Published
2022-12-07
How to Cite
MUSPAWI, Mohamad; HARYATI, Marisa. Realita Kepuasan Pelanggan Perpustakaan di Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 105 - 116, dec. 2022. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/697>. Date accessed: 01 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.697.