Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Menurut Para Pemangku Kepentingan

Studi Kasus pada sebuah STIE di Jawa Barat

  • Donny Hendry Fahsani Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris di sebuah STIE di Jawa Barat dan apakah terdapat perbedaan persepsi di antara para pemangku kepentingan mengenai kebutuhan tersebut. Penelitian ini merupakan bagian dari proyek perancangan kurikulum matakuliah Bahasa Inggris pada institusi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Kuesioner disebarkan kepada berbagai pemangku kepentingan. Berhasil dijaring 90 kuesioner mahasiswa, 8 kuesioner dosen senior matakuliah keahlian, 5 kuesioner pengajar Bahasa Inggris, 4 kuesioner institusi, dan 5 kuesioner dari pihak industri/pengguna lulusan. Adapun wawancara dilakukan terhadap pihak institusi. Menggunakan uji nonparametrik chi kuadrat (two-way chi-square test), didapatkan nilai observasi sebesar 10,0426, sementara nilai yang diharapkan sebesar 11,3449 yang berarti Ho ditolak. Dengan kata lain, penelitian ini menemukan bahwa persepsi dari berbagai pemangku kepentingan atas kebutuhan pembelajaran bahasa Inggris adalah sama, yakni menekankan pada kebutuhan bahasa Inggris setelah lulus nantinya (future needs). Sementara kebutuhan yang bersifat segera (immediate needs) berupa program pengajaran yang bertujuan membantu mahasiswa dalam studinya sekarang —menurut para pemangku kepentingan— merupakan prioritas kedua. Penelitian ini juga menemukan bahwa para pemangku kepentingan umumnya berpandangan kurikulum Bahasa Inggris di institusi sudah cukup baik. Meski demikian, terdapat perbedaan persepsi di antara para pemangku kepentingan atas kesesuaian kurikulum dalam memenuhi kebutuhan belajar mahasiswa.


 


Kata kunci:


Rancangan kurikulum, persepsi pemangku kepentingan, english for specific purposes, english for academic purposes, bahasa inggris bisnis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basturkmen, H. (2006). Ideas and option in English for Specific Purposes. Mahwah, New
Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
-----------------. (2010) Developing courses in English for Specific Purposes. New York:
Palgrave Macmillan.
Batarisuri, A.D. (2008). Rancangan silabus ESP hubungan internasional. Karya Proyek,
Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Unversitas Indonesia.
Bocanegra-Valle, Ana (2010) Evaluating and designing materials for the ESP classroom.
Dalam Ruiz-Garrido et.al (Eds) English for professional and academic purposes.
Amsterdam: Rodopi.
Brown, James Dean. (1988). Understanding research in second language learning: a
teacher’s guide to statistics and research design. Cambridge: Cambridge University
Press.
-----------------. (2001) Using survey in language programs. Cambridge: Cambridge
University Press.
-----------------. (2004) Research method for applied linguistics. Dalam (ed) Handbook of
applied linguistics.
Carkin, Susan (2005). English for Academic Purposes. Dalam Hinkel (ed) Handbook of
reseacrh in second language teaching and learning. Mahwah, New Jersey:
Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Creswell, J.W. (2008). Educational research: planning, conducting, and evaluating
quantitative and qualitative research (ed. ke-3). Upper Saddle River: Pearson Merril
Prentice Hall.
-----------------. (2009) Research design, qualitative, quantitative, and mixed methods
approaches (ed. ke-3). London: Sage Publication, Inc.
Crystal, D. (2003). English as a global language (ed. ke-2). Cambridge: Cambridge
University Press.
Dardjowidjojo, S. (2003). Rampai bahasa, pendidikan dan budaya. Jakarta: Pustaka
Obor.
Djuwari. (1997). A proposed model syllabus of english for students of economics. Tesis,
Program Pascasarjana, Universitas Atmajaya.
Donna, Sylvie. (2000) Teaching business english. Cambridge: Cambridge University
Press.
Dornyei, Zoltan. (2007) Research methods in applied lingistics. Oxford: Oxford
University Press.
Dubin, F. & Olshtain, E. (1992). Course design: developing programs and materials for
language learning. Cambridge: Cambridge University Press.
Dudley Evans, Tony. (2001) English for specific purposes. Dalam The cambridge guide
to teaching english. Cambridge: Cambridge University Press.
Dudley-Evans, Tony dan St. John. (1998) Development in english for specific purposes:
a multi-disciplinary approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Elllis, M. & Johnson, C. (1994). Teaching business english. Oxford: Oxford University
Press.
Feez, Susan. (1998). Text-based syllabus design. Sydney: Macquarie University.
Flowerdew, J. & Peacock, M. (2001). Research perspectives on english for academic
purposes. Cambridge: Cambridge University Press.
Graves, K. (1996). (Ed.) Teachers as course developers. Cambridge: Cambridge
University Press.
-----------------. (2000). Designing language courses: a guide for teachers. Boston: Heinle
& Heinle.
Hutchinson, T. & Waters, A. (1993). English for specific purposes. (Cet ke-8)
Cambridge: Cambridge University Press.
Hyland, K. (2007). English for specific purposes: some influences and impacts. Dalam
Cummins dan Davidson (Ed.) International handbook of english language teaching
(hlm. 391-402). New York: Springer
Johns, A. & Duddley-Evans, T. English for specific purposes: international in scope,
specific in purpose TESOL-QUARTERLY Vol. 25 No. 2, Summer 1991. 23
November 2010. http://www.jstor.org/stable/3587465.
Johnson, K. &Johnson, H. (Eds.) (1999). Encyclopedic dictionary of applied linguistics: a
handbook for language teaching. Oxford: Blackwell.
Johnson, K. (2009). Foreign language course design. Dalam Knapp (ed) Handbook of
foreign language communication and learning. Berlin: Mouton de Gruyter.
Jordan (2011). English for Academic Purposes. (Cet ke-15) Cambridge: Cambridge
University Press.
Kusni. (2004). Model perancangan program English for Specific Purposes (ESP) di
perguruan tinggi. Disertasi, Program Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pengetahuan
Budaya, Unversitas Indonesia.
Munby, J. (1978). Communicative syllabus design. Cambridge: Cambridge University
Press.
Nation, ISP & Macalister, J. (2010). Language curriculum design. New York:
Routledge.
Richards, J.C. (1994). The context of language teaching. Cambridge: Cambridge
University Press.
------------------- (2001). Curriculum development in language teaching. Cambridge:
Cambridge University Press.
Rusiana, H. (2005). Rancangan silabus bahasa Inggris untuk politeknik. Tesis, Program
Pascasarjana, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.
Sudarto, A.M. (1999). The English syllabus design for secretarial academy. Tesis,
Program Pascasarjana, Universitas Atmajaya.
Yalden, J. (1987). Principles of course design for language teaching. Cambridge:
Cambridge University Press.
Published
2022-12-02
How to Cite
FAHSANI, Donny Hendry. Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Inggris Menurut Para Pemangku Kepentingan. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 6, n. 2, p. 77 - 90, dec. 2022. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/691>. Date accessed: 29 nov. 2022. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i2.691.