Prediksi Daya Tampung Kapasitas Ruang Kelas Dan Rasio Dosen Pada Perguruan Tinggi Sebagai Bagian Dari Target Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru

  • Febry Lodwyk Rihe Riwoe Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Ade Yusdira Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Muslih Faridi Saripudin Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Abstract

IBI Kesatuan adalah perguruan tinggi swasta di wilayah LLDIKTI IV dengan akreditasi institusi B. Pada semester ganjil 2021/2022 jumlah mahasiswa mencapai 4480 mahasiswa, yang terdiri dari tiga Fakultas, yang dalam operasional kegiatan belajar mengajar dengan jumlah 122 orang jumlah dosen. Dengan jumlah total ruangan 56 ruangan kelas yang mana kapasitas ruangan rata-rata adalah 35 mahasiswa per kelasnya. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Dengan melakukan analisa jumlah dosen yang tersedia, jumlah kelas yang ada, jumlah mahasiswa aktif dan jumlah mahasiswa, maka dapat ditentukan berapa perkiraan sisa daya tampung menurut okupansi ruangan yang masih ada dan berapa perkiraan jumlah mahasiswa yang dapat diterima pada periode tahun ajar 2022/2023.


Jumlah ini sebagai prediksi target tim marketing IBIK untuk merekrut calon mahasiswa baru. Hasil analisa ini diharapkan bisa menjadi acuan terkait berapa banyak target yang harus ditetapkan di tahun selanjutnya.


 


Kata Kunci : Prediksi,  Daya Tampung, Promosi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
RIWOE, Febry Lodwyk Rihe; YUSDIRA, Ade; SARIPUDIN, Muslih Faridi. Prediksi Daya Tampung Kapasitas Ruang Kelas Dan Rasio Dosen Pada Perguruan Tinggi Sebagai Bagian Dari Target Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 45 - 54, aug. 2022. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/618>. Date accessed: 13 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v6i1.618.