Penyelarasan ISO 21001:2018 Dengan Peraturan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3 Tahun 2020

  • Tosty Maylangi Sitorus Politeknik ATI Padang

Abstract

ISO 21001:2018 dan  Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi memiliki bagian dan tujuan yang sama dalam sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Namun saat ini kesamaan tersebut belum di jabarkan secara teknis. Sedangkan dalam penerapannya jika dilakukan akan menyebabkan pemborosan dari berbagai aspek. Menyikapi hal tersebut, dirasa perlu untuk menyelaraskan kedua buah sistem penjaminan mutu tersebut. Selain itu peningkatan efektivitas dalam penerapannya, penyelarasan juga diharapkan dapat menjadi guidelines bagi perguruan tinggi yang ingin mengintegrasikan kedua sistem penjaminan mutu tersebut. Peraturan Standar Nasional Pendidikan Tinggi 3 Tahun 2020 pasal 2 ayat 1, menyatakan pada Standar Nasional Pendidikan terdiri atas tiga standar yaitu Standar Nasional Pendidikan, Standar Penelitian, dan Standar Pengabdian Masyarakat. Sebagai langkah awal, penyelarasan pada penelitian ini akan dilakukan pada standar nasional pendidikan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan terdapat keselarasan antara 8 Standar Nasional Pendidikan pasal 5 sampai dengan pasal 44 dengan subklausul ISO 21001:2018. Namun terdapat bagian yang tidak selaras yaitu subklausul ISO 8.3 tekait Prosedur pengembangan jurusan baru/layanan baru tidak diatur dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3 Tahun 2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faura, M. C., Sanchez-Ruiz, D., Tello, P., Tullume, J., & Vilchez-Sandoval, J. (2019, September). Compliance Assessment of ISO 21001: 2018 Clause 8.5 in the Systems Engineering Program of Universidad Autónoma del Perú. In 2019 International Symposium on Engineering Accreditation and Education (ICACIT) (pp. 1-5). IEEE.

ISO.(2018).ISO 21001:2018 Educational organizations — Management systems for educational organizations — Requirements with guidance for use.https://www.iso.org/standar/66266.html

Kovalenko, S. M., Romelashvili, O. S., Zborovska, T. V., & Blagun, O. D. (2020). General aspects of introduction of management systems in educational organizations in pursuance of ISO 21001: 2018. Management, economy and quality assurance in pharmacy, (4 (64)), 4-9.

Kusumastuti, Adhi & Ahmad Mustamil Khoiron. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo: Semarang.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

Rohayati, Y., & Delvika, R. H. (1978). Preparation for the Implementation of ISO 21001: 2018 using Assistance Program: Case study of Telkom Vocational High School. In Proceeding of 12th International Seminar on Industrial Engineering and Management ISSN (p. 774X).

Silaeva, V. V., & Semenov, V. P. (2018, September). Internal Education Quality Assurance through Standarization of Educational Organization Management System. In 2018 IEEE International Conference" Quality Management, Transport and Information Security, Information Technologies"(IT&QM&IS) (pp. 70-73). IEEE.

Vilchez-Sandoval, J., Vasquez-Paragulla, J., Andrade-Arenas, L., & Cortez-Maldonado, W. (2020, March). Appraisal of the provision of educational products and services according to the ISO-21001 standar in the faculty of sciences and engineering from the Sciences and Humanities University. In 2020 IEEE World Conference on Engineering Education (EDUNINE) (pp. 1-4). IEEE.

Wibisono, E. (2018). The new management system ISO 21001: 2018: What and why educational organizations should adopt it. In Proceeding of 11th International Seminar on Industrial Engineering and Management (pp. 66-73).
Published
2021-12-13
How to Cite
SITORUS, Tosty Maylangi. Penyelarasan ISO 21001:2018 Dengan Peraturan Standar Nasional Pendidikan Tinggi Nomor 3 Tahun 2020. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 133 - 142, dec. 2021. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/524>. Date accessed: 21 may 2022. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i2.524.