Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19

Studi Pada Mahasiswa Universitas Ichsan Gorontalo

  • Sri Meike Jusup Universitas Ichsan Gorontalo
  • Pemy Christiaan Universitas Ichsan Gorontalo
  • Syamsul Syamsul Universitas Ichsan Gorontalo

Abstract

Pencegahan peneyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan mengharuskan perguruan tinggi menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Hal ini telah dipertegas dengan Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020. Universitas Ichsan Gorontalo sebagai perguruan tinggi swasta di tuntut untuk melakukan pembelajaran daring yang semula dilakukan dengan tatap muka. Pelaksanaan pembelajaran daring di Universitas Ichsan Gorontalo sangat didukung dari ketersediaan sarana dan prasarana. Akan tetapi, yang jadi permasalahan adalah mahasiswa yang akan mengikuti pembelajaran daring, dikarenakan mahasiswa tinggal didaerah yang berbedabeda dan memiliki kemampuan ekonomi yang berbeda pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) menganalisis bagaimana persepsi mahasiswa tentang pembelajaran daring, (2) menganalisis kendala-kendala yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran daring, (3) menganalisis bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pembalajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran daring dimasa pandemi Covid-19 sebanyak 82% mengatakan puas dan 18% yang kurang dan tidak puas. adapun kendala yang dihadapi oleh mahasiswa adalah aksesibiltas, kesulitas mengikuti pembelajaran dan memperoleh materi, interaktivitas, akurasi perkuliahan, format pembelajaran. Tingakt kepuasan mahasiswa terhadap pembelajaran daring sebagaimana dari hasil metode Customer Satisfaction Index (CSI) berada pada kriteria Puas dengan nilai 0.81 atau 81%.


 


Kata Kunci: kepuasan mahasiswa; pembelajaran daring; covid19; universitas ichasn gorontalo

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-13
How to Cite
JUSUP, Sri Meike; CHRISTIAAN, Pemy; SYAMSUL, Syamsul. Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 115 - 124, dec. 2021. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/467>. Date accessed: 21 may 2022. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i2.467.