Persepsi dan Kecenderungan Siswa SMA Dalam Memilih Pendidikan Tinggi Lanjutan di Masa Pandemi Covid 19

Studi Empiris pada Siswa SMA Negeri 1 Blangjerango Kabupaten Gayo Lues

  • Fajar Okta Widarta Universitas Syiah Kuala
  • Ikhsan Ikhsan USK Gayo Lues
  • Bambang Bambang USK Gayo Lues

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap pendidikan tinggi dan kecenderungan mereka dalam memilih pendidikan tinggi lanjutan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Blangjerango tahun akademik 2020/2021 berjumlah 171 siswa. Teknik random sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif . Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) persepsi siswa terhadap pendidikan tinggi dan kecenderungan mereka memilih pendidikan tinggi lanjutan berada pada kategori sangat baik (85,57%); (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan persepsi siswa mengenai pendidikan tinggi terhadap kecenderungan memilih pendidikan tinggi lanjutan, dengan besar pengaruh sebanyak 27,1%.  


 


Kata kunci: Persepsi, pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Deni, Gustian. (2016). Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi. (Studi Deskriptif tentang Kurangnya Minat Pendidikan ke Jenjang Perguruan Tinggi pada Peuda dan Pemudi Kampung Pungkur Loji Desa Cicalengka Kulon Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi. UIN Bandung.
Hidayat, W. (2016). Persepsi Siswa SMA Kota Parepare Tentang Stain Parepare. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan, 9(1), pp.49-56.
Irnawati, I., 2019. PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN TINGGI DAN KECENDERUNGANNYA MEMILIH PENDIDIKAN TINGGI LANJUTAN (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 3 LUWU TAHUN AJARAN 2017/2018) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Mustika, A., Linda, D.R.B., & Irfal. (2019). Persepsi Siswa Terhadap Minat Kuliah Di Perguruan Tinggi Pariwisata. MPU PROCURATIO, 1(1 April), pp.68-73.
Nurhaedah & Anas A. (2012). Hubungan Antara Minat dan Persepsi Lulusan SMU Terhadap Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Laporan Penelitian: Jurusan PGSD FIP UN dan Jurusan PTSP FT UNM.
Pramiudi, U. & Setiawan B. (2019). Penelusuran Persepsi Mahasiswa Atas Program Studi Akuntansi dan Minat Studi Lanjut. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 2(2), pp.103-113.
Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riko, M. (2015). Persepsi Siswa 4 SMA terhadap 2 Sekolah Tinggi Ekonomi dan Fakultas Ekonomi di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3).
Sari, N. & Iqbal, M. (2021). PERSEPSI SISWA DIFABEL TERHADAP KELANJUTAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1).
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
_______. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Triyono, T. & Febriani, R.D. (2018). Persepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Terhadap Pendidikan Lanjutan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), pp.70-77.
Widarta, F. O. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program PLP II Program Studi Pendidikan Biologi PSDKU Universitas Syiah Kuala Gayo Lues di SMP Negeri 1 Blangjerango. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 8(1), 106-118.
https://o.id/publication.html?aceh.bps.gPublikasi%5BtahunJudul%5D=&PublPubli%5BkataKunci%5D=aceh+dalam+angka&Publikasi. diakses pada 4 Maret 2021.
Published
2021-07-12
How to Cite
WIDARTA, Fajar Okta; IKHSAN, Ikhsan; BAMBANG, Bambang. Persepsi dan Kecenderungan Siswa SMA Dalam Memilih Pendidikan Tinggi Lanjutan di Masa Pandemi Covid 19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 17 - 28, july 2021. ISSN 2620-5718. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/402>. Date accessed: 31 mar. 2023. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v5i1.402.