Pengaruh Likuiditas dan Profitabilias terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Retail yang tercatat di Bursa Efek Indonesia

  • Maria J.F Esomar FEBIS UNPATTI
  • Baretha M Titioka Politeknik Negeri Ambon

Abstract

Tiga tahun terakhir tren penjualan ritel cenderung melambat yang ditandai dengan penutupan beberapa gerai. Peregeseran tren belanja masyarakat yang lebih memilih menggunakan jasa penjualan online seperti e-commerce atau market place turut mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan merupaka tujuan dari suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas yang diukur dengan current ratio (CR) dan rasio profitabilitas yang diukur dengan return on aset (ROA) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan sub sektor retail yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019 sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini 27 perusahaan retail dan yang menenuhi kriteria sampel sebanyak 19 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel rasio Lancar berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan return on aset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30
How to Cite
ESOMAR, Maria J.F; TITIOKA, Baretha M. Pengaruh Likuiditas dan Profitabilias terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Retail yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Masohi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 100-109, dec. 2020. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/357>. Date accessed: 27 jan. 2021.
Section
Articles