Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan Hadapi Perubahan Iklim Perspektif Gender di Desa Seri, Silale dan Dusun Waimahu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon

  • Eklefina Pattinama UKIM Ambon

Abstract

Perubahan iklim merupakan sesuatu yang sulit untuk dihindari dan memberikan dampak terhadap berbagai segi kehidupan manusia, terutama kelompok masyarakat nelayan yang hidupnya tergantung pada hasil laut dan iklim yang kondusif. Disisi lain, perempuan melakukan  peran  produktif, sebagai perempuan nelayan. Meskipun penghasilan perempuan pekerja memberikan kontribusi signifikan terhadap penghasilan dan kesejahteraan keluarga, namun perempuan masih dianggap sebagai pencari nafkah tambahan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dampak perubahan iklim pada aktivitas nelayan perikanan tangkap, dan (2) menganalisis strategi bertahan hidup perspektif gender. Penelitian dilakukan pada 3 Desa Nelayan di Kecamatan Nusaniwe, dengan menggunakan metode kualitatif yang dilengkapi dengan studi literatur. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan Focused Group Discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dampak perubahan iklim dapat terjadi secara langsung:   a) terjadi perubahan, hasil tangkap berpengaruh terhadap pendapatan keluarga, b) Perubahan musim melaut, c) terjadinya perubahan wilayah penangkapan, d) meningkatnya resiko melaut akibat gelombang ekstrim dan angin kencang, e) Perubahan iklim tidak langsung,di lokasi pemukiman nelayan pesisir pantai, naiknya air laut membuat abrasi.  (2).  Strategi  menghadapai perubahan iklim, antara lain: a) Diversifikasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh rumah tangga nelayan dalam menambah jenis kegiatan penghasilannya, b). Intensifikasi adalah kegiatan yang dilakukan nelayan dalam rangka meningkatkan kualitas kapasitas usaha penangkapan, c) Strategi laki-laki dan perempuan nelayan bertahan hidup dalam perubahan iklim turut mempengaruhi konstruksi gender pada keluarga nelayan, (1) Persepsi tentang gender pada keluarga nelayan, tidak hanya laki-laki nelayan yang bekerja tetapi juga permpuan nelayan bagi kesejahteraan keluarga. (2). Pengambilan keputusan yang menyangkut aktivitas domestik dan publik dalam keluarga nelayan tidak mengikuti pola tertentu secara khusus terpusat pada suami atau istri, tetapi memiliki pola yang menyebar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-18
How to Cite
PATTINAMA, Eklefina. Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan Hadapi Perubahan Iklim Perspektif Gender di Desa Seri, Silale dan Dusun Waimahu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Jurnal Masohi, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 58-70, oct. 2020. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/296>. Date accessed: 27 jan. 2021.
Section
Articles