Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan

  • Pomarida Simbolon STIKES Santa Elisabeth Medan
  • Deskrisman Stevan Mendrova
  • Angenia Itoniat Zega

Abstract

Prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah diperoleh atau dicapai dari aktivitas yang telah dilakukan atau dikerjakan. Melalui prestasi belajar mahasiswa dapat diketahui kedudukan mahasiswa yang pandai, sedang atau kurang. Prestasi belajar yang baik perlu didukung oleh dorongan atau motivasi belajar yang kuat. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasiĀ  Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar mahasiswa tingkat III STIKes St.Elisabeth Medan. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat III STIKes St.Elisabeth Medan yang berjumlah 110 responden dan menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu lembar kuesioner motivasi belajar dan kartu hasil studi (KHS) . Hasil uji spearmank rank diperoleh nilai p value = 0.0001 (p<0,05) hal ini berarti ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa. DiharapkanĀ  motivasi belajar yang tingi tetap dipertahankan sehingga prestasi belajar mahasiswa STIKes Santa Elisabeth Medan lebih meningkat lagi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-28
How to Cite
SIMBOLON, Pomarida; STEVAN MENDROVA, Deskrisman; ZEGA, Angenia Itoniat. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, june 2020. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/289>. Date accessed: 07 july 2020.
Section
Articles