• Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 4 No 1 (2020)

    Jati Emas volume 4 nomer 1 adalah edisi perdana yang diterbitkan di tengah masa penilaian akreditasi. Perbaikan semua standar OJS dan persyaratan akreditasi jurnal nasional sedang dicobakan untuk dijalankan secara maksimal. Semua manuskrip pada penerbitan kali ini telah diuji derajat similaritasnya secara online dengan batas maksimum 20%. Batas ini tampaknya masih tinggi, tetapi itu  dilakukan terhadap manuskrip yang diuji utuh dari judul hingga daftar pustaka. Meski demikian, beberapa manuskrip terpaksa ditangguhkan pemrosesannya terkait revisi uji similaritas yang tidak tertanggapi. Pemrosesan manuskrip juga telah melibatkan proof reading untuk ketatabahasaan Indonesia yang baik dan benar. Untuk penerbitan yang akan datang akan ditinjau lagi apakah perlu hanya menguji batang tubuh manuskrip tanpa adanya daftar pustaka. Yang juga mulai dilakukan adalah review mitra bestari berbasis OJS, dan penerapan akun login editor sesuai penugasan. Hal ini dilakukan untuk mulai mengkondisikan manajerial yang terstruktur, efektif dan efisien. Meskipun semua proses perbaikan tersebut mengakibatkan berkurangnya naskah yang terpublikasi, dan kelambatan proses unggah online, tapi persyaratan minimum tetap terpenuhi.

  • JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 3 No 2 (2019)

    Dalam penerbitan kali ini telah dilakukan uji similaritas untuk setiap naskah yang diterima. Derajat similaritas maksimum ditetapkan 20%. Review dengan menggunakan mitra bestari juga sebagian telah dilakukan, sementara sebagian yang lain masih menggunakan review editorial, khususnya untuk naskah-naskah yang umumnya telah berformat camera ready Jati Emas. Ini menunjukkan bahwa penulis-penulis yang mengirimkan manuskrip ke Jati Emas telah memahami prosedur standar pengiriman naskah ke suatu jurnal ilmiah. Tahap akhir pembenahan manajemen penerbitan yang sedang diupayakan adalah pemberian DOI untuk setiap naskah. Semoga target ini bisa sesegera mungkin terlaksana.

  • Vol 3 No 1 (2019): JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat)
    Vol 3 No 1 (2019)

    Dalam penerbitan kali ini telah dilakukan beberapa perbaikan mendasar dalam manajemen penerbitan. Salah satu contohnya adalah tersedianya daftar pustaka setiap artikel dalam tampilan online. Hal ini dimaksudkan untuk menambah potensi sitasi para penulis, dan langkah awal untuk meningkatkan kualitas acuan. Lebih jauhnya, semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa juga dilakukan proses penyaringan naskah melalui pemeriksaan tingkat similaritas naskah (plagiarism checking)

1 - 7 of 7 items