Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel yang mengandung aspek aplikasi ilmu-ilmu teknik dan/atau hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para pelaku dan penggiat dunia pendidikan secara umum, kalangan akademisi, industri, maupun kelompok masyarakat.

Terbit hanya dalam bentuk online terbuka dengan e-ISSN: 2550-0821

Bagi mereka yang memerlukan versi cetak bisa mengunduh file pdf pada laman http://journal.fdi.or.id/index.php/jatiemas dan mencetaknya secara mandiri.

BAGI PARA PENULIS : Kami persilakan untuk mengirimkan naskah melalui menu Submission yang tersedia dan mengikuti petunjuk di dalamnya. Sementara ini, jika anda belum memahami sistem pengiriman naskah melalui OJS, kami juga menerima naskah melalui email jatiemas@fdi.or.id, meskipun ada baiknya anda mencoba dulu sistem OJS. Naskah awal dikirim dalam bentuk doc. versi 97-2003 dengan format Kolom tunggal, A4, TNR 12 pts, spasi 1.15, margin keliling 3 cm. Format baku naskah meliputi ; Judul, Abstrak, Pendahuluan, Metode, Hasil & Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), Daftar Pustaka. Tulisan yang bersifat alternatif solusi permasalahan kemasyarakatan boleh dikirimkan selama didasari analisis situasional yang jelas.

JUDUL : Judul naskah ditulis dalam font 17 pts, setiap kata diawali huruf besar, maks. 20 kata. Nama penulis diletakkan di bawah judul naskah tanpa gelar, dilengkapi institusi asal, dan alamat lengkap.  Kontak email hanya dituliskan bagi penulis korespondensi.

ABSTRAK : Dituliskan dalam font 9 pts, bold, maks. 250 kata. dilengkapi versi Bahasa Inggris. Abstrak sebaiknya sudah menggambarkan latar belakang, permasalahan, metode penyelesaian, hasil dan rekomendasi akhir kegiatan pengabdian.

PENDAHULUAN : Berisi latar belakang kegiatan, analisis situasional target kegiatan dan gambaran permasalahan yang akan ditangani.

METODE : Berisi uraian metode pelaksanaan kegiatan

HASIL & PEMBAHASAN : Berisi uraian pelaksanaan kegiatan lengkap dengan foto dokumentasi, sebagai fakta hasil kegiatan. Pembahasan adalah persepsi penulis terhadap hasil pelaksanaan, bukan paparan fakta kejadian, dan menghasilkan kesimpulan akhir kegiatan serta rekomendasi terhadap rencana pasca kegiatan. akan lebih baik jika muncul analisis dampak kegiatan.

KESIMPULAN : Dituliskan dalam bentuk uraian singkat, dilengkapi rekomendasi jika ada.

UCAPAN TERIMA KASIH : Biasanya ditujukan pada penyandang dana

SISTEM ACUAN REFERENSI : Referensi acuan ditulis dalam bentuk no didalam kurung persegi, [1], urut hingga akhir naskah. Setiap gambar dan tabel yang mengambil dari referensi juga diberi no acuan di akhir judul gambar atau tabel. Daftar Pustaka dituliskan dalam bentuk numbering sebagaimana sistem acuan referensi, urut sesuai kemunculan dalam naskah. Hanya referensi yang diacu saja yang boleh dimasukkan dalam Daftar Pustaka.

Penulisan referensi Jurnal : [1]. nama akhir penulis pertama, inisial nama awal., inisial nama awal penulis berikutnya. nama akhir. tahun. judul artikel. nama jurnal dalam italic. vol(no) : hal. DOI (link URL jika ada).

contoh : [1]. Finahari, N., G. Rubiono, SD. Lestari. 2018. Pengabdian Masyarakat untuk Desa Tertinggal Sistem Komunikasi. Jurnal Komunikasi. 4(1): 11-17. https://jurnal.contoh.org/index.php/ITG/issue/7

Penulisan referensi Buku : [1]. nama akhir penulis pertama, inisial nama awal., inisial nama awal penulis berikutnya. nama akhir. tahun. judul buku dalam italic. bab : halaman. Kota : nama penerbit. ISBN (jika ada)

contoh : [1]. Finahari, N., G. Rubiono, SD. Lestari. 2018. Tatacara Penulisan. Bab 1 Pendahuluan : 17. Malang : Cipta Media. ISBN 9-000-000-000

Penulisan referensi Web : [1]. nama akhir penulis pertama, inisial nama awal., inisial nama awal penulis berikutnya. nama akhir. tahun. judul. nama web dalam italic. URL. tanggal unduh.

contoh : [1]. Finahari, N., G. Rubiono, SD. Lestari. 2018. Tatacara Penulisan. Media Pembelajaran. http://media.belajar.com/ diunduh 1 April 2018

SISTEM REVIEW : Sistem review masih menggunakan review editorial yang dilakukan oleh Dewan Redaksi untuk memastikan semua esensi penulisan dan skematika naskah terpenuhi. Hasil review terdokumentasi dan diemail pada penulis. Sedang dijajaki sistem review oleh Mitra Bestari dengan tetap mengacu pada kecepatan pemrosesan untuk menjaga konsistensi waktu terbitan.

BIAYA PENERBITAN: Setiap naskah yang lulus review dan dinyatakan bisa diterbitkan akan dikenai biaya sebesar 200K per naskah. Biaya tersebut digunakan untuk pengembangan jurnal dan pemeliharaan web. Biaya penerbitan dikirimkan ke rekening BNI nomer 90860583 an. Nurida Finahari. Setiap penulis hanya diperkenankan menerbitkan 1 naskah sebagai penulis pertama.