Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Pasar Grosir Setono Pekalongan

  • Sarono Widodo Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Taufiq Yulianto Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Eddy Triyono Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Eni D. Wardihani Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Muhammad Anif Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Anggraeni Kadiran Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Subuh Pramono Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang
  • Endro Wasito Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh tim pengabdian adalah untuk memberikan bantuan teknis kepada Koperasi Pengusaha Batik Setono dalam pengelolaan memperluas pemasaran Pasar Grosir Setono yang berlokasi di Jl. Dr.Sutomo, kota Pekalongan. Selama ini pemasaran dari batik Setono masih bersifat tradisional melalui jasa penjualan di lokasi grosir. Dalam upaya meningkatkan penjualan diperlukan pemasaran yang lebih luas memalui sebuah media pemasaran yaitu website. Website yang dikelola berupa website e-commerce untuk memperkenalkan dan menjual hasil produk batik. Transaksi produk, pelayanan nasabah, fitur lain dapat dilakukan melalui website tersebut. Dengan pemanfaatan e-commerce diharapkan dapat meningkatkan hasil penjualan sekaligus memperluas pasar batik Setono ke dunia internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Ulum, I. 2009, Batik dan Kontribusinya Terhadap Perekonomian Nasional, Jurnal Bestari 42: 21-32 http://ejournal.umm.ac.id/index.php/bestari/article/view/91
[2] the Global Review. 2009, http://www.theglobal- review.com/content_detail.php?lang=id&id=728&type=9#. WMfOCTi3rE8
[3] Kementerian Perindusterian Republik Indonesia. http://www.kemenperin.go.id/artikel/6827/Dunia-Makin- Mencintai-Batik
[4] Giatno, 2015, Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik di Batik Putra Laweyan, naskah publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jan. 2015. http://eprints.ums.ac.id /35642/ 9/010.%20Naskah%20Publikasi.pdf
[5] Tribun Bisnis. 2014. http://www.tribunnews.com/ bisnis/2014/04/01/kurang-pemasaran-kesalahan-utama- batik-pekalongan
[6] T. Hariyati. 2014. Analisis dan Perancangan E_Commerce Pada Batik Tulis Tengah Sawah Ngadirojo, IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 3(2): 21-25. http://ijns.org/journal/index.php/ijns/ article/view/33
[7] M. Yulianti, 2006, Kajian Strategi dan Bauran Pemasaran Batik Garutan, laporan akhir, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor,. https://core.ac.uk/download/pdf/ 32345157.pdf
[8] http://batik-tulis.com
[9] http://onobatik.com
Published
2017-04-08
How to Cite
WIDODO, Sarono et al. Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Pasar Grosir Setono Pekalongan. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 18-20, apr. 2017. ISSN 2550-0821. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jatiemas/article/view/14>. Date accessed: 03 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.36339/je.v1i1.14.