Jati Emas merupakan jurnal perdana yang diterbitkan oleh Divisi Akademik dan Profesi Dewan Pimpinan Daerah Jawa Timur, Forum Dosen Indonesia. Dikelola secara sukarela dan masih bersifat paruh waktu oleh Dewan Redaksi yang berjauhan lokasi domisilinya, sehingga semua bentuk koordinasi dan pembagian kerja dilakukan secara online melalui media komunikasi WA, email, atau sarana lainnya.

Sebagian besar anggota redaksi belum memahami sistem manajemen OJS sehingga pengelolaannya masih dikombinasikan dengan sistem email dan komunikasi melalui media sosial lainnya. Namun demikian komitmen penerbitan telah didasari standar minimum kelayakan naskah, konsistensi format penulisan, dan kontinyuitas penerbitan. Jumlah naskah yang diterbitkan dibatasi 6-20 per nomer, dan hanya menerbitkan 2 nomer per tahun hingga tata laksana penerbitan bisa dilakukan full OJS.

Sistem review masih menggunakan editorial review. Semua catatan review terdokumentasi dengan baik, namun belum bisa disematkan di akun OJS masing-masing penulis, terlebih masih ada juga penulis yang belum bisa submit via OJS.

Bagaimana pun Jati Emas memang diadakan sebagai jurnal pembelajaran bagi penulis, penerbit, reviewer, maupun editor. Semoga sejalan dengan pertambahan usia dan pengalaman, jurnal ini bisa berkembang sebagaimana mestinya.