Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa

TINJAUAN PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN AKADEMIK TERHADAP PROSES PENYELESAIAN SKRIPSI

  • Mohamad Muspawi Universitas Jambi
  • Denny Denmar Universitas Jambi
  • Widya Septiani Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap penyelesaian Skripsi; (2) Pengaruh kemampuan akademik terhadap penyelesaian Skripsi ; (3) Pengaruh motivasi belajar dan kemampuan akademik terhadap proses penyelesaian Skripsi. Menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian survey. Populasinya adalah mahasiswa program studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Jambi angkatan 2014. Menggunakan total sampling yaitu sebanyak 46 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data berupa analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh motivasi terhadap penyelesaian Skripsi sebesar 0,522 dengan persentase 52,2% dan nilai signifikansi 0.000 sehingga   >  atau 6,929 > 2,017 maka dapat dikatakan signifikan; (2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan akademik terhadap penyelesaian Skripsi sebesar 0,005 dengan persentase 0,05% dan nilai signifikansi 0.587 sehingga  <  atau -0,546 < 2,017 maka tidak dapat dikatakan signifikan; (3) Terdapat pengaruh motivasi dan kemampuan akademik terhadap penyelesaian Skripsi sebesar 0,500 dengan persentase 50,0%. Sehingga motivasi mahasiswa dan kemampuan akademik secara bersama-sama memiliki pengaruh tehadap penyelesaian Skripsi. Penulis menyarankan mahasiswa agar terus meningkatkan dan menjaga kestabilan motivasi dan kemampuan akademik supaya dapat menyelesaikan Skripsi tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Berta. 2018. Motivasi Mahasiswa dan Dukungan Keluarga Terhadap Kecemasan Mahasiswa Dalam Penyusunan Tugas Akhir. Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan. Volume. 9, Nomor. 1, Desember 2018; 116-128; http://jurnal.stikes-aisyiyah-palembang.ac.id/index.php/Kep/article/view/125
Alafgani, Azzam Pasha. 2013. Faktor-Faktor Kesulitan dalam Menyelesaikan Mata Kuliah Tugas Akhir. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Aslinawati, Evi Nur & Mintarti W, Sri Umi. 2017. Keterlambatan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Angkatan 2012 (Studi Kasus di Jurusan ekonomi pembangunan FE Universitas Negeri Malang). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume. 10, Nomor. 1, 2017: 23-33: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/1595/881
Asmawan, M. C. 2016. Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, No.2. : http://journals.ums.ac.id
Bangun, Putra BJ, Irmeliyana, dan Andarini, Indri. 2011. Analisis Korespondensi untuk mengetahui Hubungan Lama Studi dengan IPK dan Lama Skripsi Alumni Matematika FMIPA UNSRI angkatan 2001-2002. Jurnal Penelitian Sains. Volume. 14. Nomor. 1. Tahun 2011: 13-18: http://ejurnal.mipa.unsri.ac.id/index.php/jps/article/view/120.
Banjarnahor, Humuntal. 2017. Pengaruh Gaya Perilaku Dosen Pembimbing dan Kemampuan Akademik Mahasiswa terhadap Kepuasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi Studi Kasus di Jurusan Matematika FMIPA Unimed. Semnastika Unimed ISBN: 978-602-17980-9-6.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research. In Educational Research. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Hartato, Ujang & Aisyah, Mimin Nur (2016). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIV, No. 1, Tahun 2016: 64-73.
Kurniati, Dewi, Warneni dan Okianna. 2018. Analisis Faktor Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi PPAPK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume. 7, Nomor. 12, tahun 2018; http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/30434.
Muspawi, Mohamad, Setiyadi, Bradley, & Alfiana. 2019. Pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif Terhadap motiva si belajar siswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan). Volume 3 Nomor 2 Maret 2019: 85-91: http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/: ISSN Online : 2541-4429
Nugroho, Setiawan Agung. 2017. hubungan antara motivasi dengan ketepatan penyelesaian tugas akhir pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta: http://eprints.ums.ac.id/59410/
Nurhayati. 2013. Hubungan Antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol, 8. No.2. http://journal.uin-alauddin.ac.id
Rachmawati, D. L & Vita, F. 2018. Hubungan Antara Prestasi Mahasiswa dan Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Lama Studi. Jurnal Varian, Vol 1. No.2; 70-81: https://journal.universitasbumigora.ac.id
Sarajar, Dewita Karema. 2016. Pengaruh Pelatihan Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal InSight, Vol. 18 No. 2, Agustus 2016: 150-160
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13. Lembaran RI Tahun 2003 No 20. Sekretariat Negara. Jakarta.
Zusya, Annisa Rosni & Akmal, Sari Zakiah 2016. Hubungan Self Efficacy Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi e-ISSN: 2502-2903, pISSN: 2356-3591 Volume 3, Nomor 2, 2016: 191-200. DOI: 10.15575/psy.v3i2.900
Published
2020-07-25
How to Cite
MUSPAWI, Mohamad; DENMAR, Denny; SEPTIANI, Widya. Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21 - 32, july 2020. ISSN 2620-5718. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/294>. Date accessed: 12 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.294.