Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi

  • Adil Fadillah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
  • Sujana Sujana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
  • Iswandi Sukartaatmadja Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengukur minat siswa untuk studi lanjut, mengidentifikasi jenjang pendidikan dan program studi yang diminati, mengidentifikasi pengetahuan dan minat studi pada program studi Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi, Administrasi Bisnis, Kewirausahaan, Perjalanan Wisata, Bisnis Syariah, Teknologi Informasi, Perpajakan dan Akuntansi Syariah. Penelitian dilakukan pada 2017, dengan 1024 orang siswa-siswi SMA/SMK Kelas XII di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor yang dijadikan responden. Data dianalisa menggunakan Analisis Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Mayoritas siswa SMA/SMK Kota Bogor berminat untuk melakukan studi lanjut pasca kelulusannya dengan tingkat minat studi lanjut terketegori tinggi dan jenjang pendidikan Sarjana S1 sebagai pilihan utamanya. Prodi Ekonomi dan Manajemen menempati posisi pertama sebagai prodi pilihan para siswa yang sejalan dengan tingginya tingkat keyakinan pilihan para siswa. Rata-rata hanya sebagian responden yang menyatakan mengetahui dan pernah mendengar nama sembilan program studi berikut Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi, Administrasi Bisnis, Kewirausahaan, Perjalanan Wisata, Bisnis Syariah, Teknologi Informasi, Perpajakan dan Akuntansi Syariah. Alasan mendasar yang melatarbelakangi rendahnya minat studi lanjut pada sembilan prodi tersebut adalah para siswa masih harus bertanya kepada Guru dan Orangtuanya terkait tujuan program studi, outputnya serta ketersediaan biaya untuk studi lanjut.


 


Kata Kunci : minat studi lanjut, prodi favorit, program studi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-10
How to Cite
FADILLAH, Adil; SUJANA, Sujana; SUKARTAATMADJA, Iswandi. Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 53 - 62, sep. 2019. ISSN 2620-5718. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/229>. Date accessed: 12 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i1.229.