Daftar Isi dan Editorial JASPT Vol 2 No 2 Desemer 2018

  • adm1n Forum Dosen Indonesia

Abstract

Di Akhir Tahun 2018, JASPT hadir dengan menyajikan artikel hasil penelitian yang membahas tentang pengembangan institusi perguruan tinggi dan program studi. Harapannya, artikel-artikel tersebut mampu menjadi pelengkap informasi bagi perguruan tinggi terutama yang sedang mempersiapkan untuk akreditasi institusi.


Pada tulisan pertama, Cahyana memaparkan konseptual dan peranan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) dalam program pendidikan yang diselenggarakan perguruan tinggi. RTIK sebagai bagian dari stakeholder perguruan tinggi perlu diintegrasikan agar dapat dimanfaatkan peranannya guna pengembangan perguruan tinggi.


Suksesnya perguruan tinggi adalah karena terpenuhinya keinginan dan kebutuhan stakeholder. Demikian kurang lebih tema utama yang diuraikan pada tulisan kedua. Astuti dan Utami menyimpulkan bahwa dua hal yang harus dikembangkan dalam meraih kualitas perguruan tinggi adalah lengkapnya sarana komputer dan kesesuaian program pembelajaran dengan kebutuhan dunia kerja.


Nurendah et. al. melakukan pemetaan atas minat studi para siswa SLTA ke program studi Ekonomi Syariah. Penelitian tersebut berhasil menyimpulkan tingginya ketertarikan siswa SLTA untuk studi lanjut ke program studi Ekonomi Syariah, dengan alasan ingin mengetahui bagaimana sebuah sistem ekonomi ditata secara syariah.


Fitriyanti et. al. mencoba mengevaluasi kinerja perguruan tinggi pada aspek program kegiatan kemahasiswaan, sebagai bagian dari indikator pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kemenristekdikti. Dengan alat analisis Balance Score Card, penelitian tersebut telah memetakan komponen-komponen atau sasaran yang sudah terkategori baik, sedang dan rendah.


Pramiudi dan Setiawan melakukan studi tentang minat para mahasiswa Diploma dan Sarjana melakukan studi lanjut pada Program S2 Akuntansi. Analisis dan pembahasan disandingkan dengan persepsi mahasiswa atas Program D3 Akuntansi dan Program S1 Akuntansi.


Demikian sajian JAS-PT edisi kali ini. Kami mengundang rekan-rekan civitas akademika di manapun berada untuk mengirim tulisan-tulisan seputar pendidikan tinggi untuk terbitan mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-05
How to Cite
, adm1n. Daftar Isi dan Editorial JASPT Vol 2 No 2 Desemer 2018. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 2, n. 2, p. i - vi, sep. 2019. ISSN 2620-5718. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/225>. Date accessed: 07 july 2020.