Pengaruh Kompetensi Konselor Terhadap Pelayanan Penanganan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada P3KC

  • Udoh Mahfudoh STIE Al-Khairiyah Cilegon
  • Dian Handayani STIE Al-Khairiyah Cilegon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi konselor pada Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC) dalam memberikan pelayanan penanganan kepada korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).


Penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan, maka analisis kuantitatif dilakukan dengan cara mengkuantitatifkan data-data penelitian ke dalam bentuk angka-angka dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah korban kekerasan yang melapor ke Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC) di tahun 2017 yang berjumlah 139 korban/klien, dan kasus kekerasan dalam rumah tangga berjumlah 71 korban/klien, tetapi hanya mengambil 50 responden korban kekerasan dalam rumah tangga yang telah diselesaikan permasalahannya oleh Pusat Pelayanan dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Stratified random sampling.


Metode analisis yang digunakan adalah adalah analisis regresi linier sederhana. Dengan menggunakan analisa regresi, maka hasil penelitian diperoleh didapatkan nilai thitung sebesar 8,191, selanjutnya nilai ini akan dibandingkan dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dan hasil perhitungan yang didapat adalah dk n-2 (50-2=48), maka didapat ttabel sebesar 1,677. Didapat thitung lebih besar dari ttabel (8,191 > 1,677), maka Ha diterima, H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap Pelayanan Penanganan (Y). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi X kontribusi hubungan antara variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap variabel Pelayanan Penanganan (Y)  didapat nilai R square sebesar 59 % artinya kontribusi hubungan antara variabel Kompetensi Konselor (X) terhadap variabel Pelayanan Penanganan (Y) dan 41%  sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.


 


Kata Kunci: Kompetensi Konselor, Pelayanan Penanganan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-13
How to Cite
MAHFUDOH, Udoh; HANDAYANI, Dian. Pengaruh Kompetensi Konselor Terhadap Pelayanan Penanganan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Pada P3KC. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 13 - 20, july 2019. ISSN 2620-5718. Available at: <http://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/207>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i1.207.